Pada saat ini perkembangan dan kemajuan dunia sangat pesat dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Seiring dengan kemajuan itu perkembangan komputer telah menjadi perhatian dunia, alasan ini disampaikan karena fungsi komputer yang sangat besar bagi kepentingan manusia, dengan adanya teknologi yang ada sekarang ini, tentunya akan memperoleh beberapa kemudahan, misalnya kecepatan akses data untuk melakukan transaksi, efisien dalam penggunaan waktu, pengurangan kesalahan yang relatif kecil dan masih banyak lagi keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan komputer.

Dalam sebuah bisnis, pelanggan juga merupakan faktor yang sangat penting. Untuk itu, diperlukan membina suatu hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggan. Dengan mempelajari perilaku pelanggan dan keinginan pelanggan, diharapkan perusahaan dapat mengambil langkah – langkah yang tepat untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan, serta meningkatkan pendapatan perusahaan. Peningkatan  pelayanan terhadap pelanggan dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain dengan memberikan fasilitas – fasilitas tertentu kepada pelanggan atau dengan memberikan informasi yang cepat, akurat, dan memiliki jangkauan yang luas.

Salah satu perusahaan yang dituntut untuk meningkatkan pelayanan adalah PT Kereta Api. Kereta api adalah salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Di negara manapun keberadaan kereta api sangat diperlukan. Untuk menempuh perjalanan jauh, kereta api dapat menjadi pilihan alternatif dari alat transportasi yang lain. Di Indonesia kereta api banyak digunakan sebagai sarana bepergian antar kota. Pada waktu tertentu calon penumpang kereta api sangat banyak, sehingga untuk mendapatkan satu tiket saja harus berdesak-desakan dengan calon penumpang yang lain. Hal ini satu kendala yang dihadapi oleh PT Kereta Api dalam meningkatkan pelayanan kepada calon penumpang. Apabila hal ini tidak ditemukan solusinya maka lambat laun sarana transportasi ini tidak mendapat tempat di hati masyarakat karena hanya mendapatkan tiket saja harus antri panjang di stasiun.

Berdasarkan latar belakang diatas maka dengan ini penulis dalam tugas akhir untuk mata kuliah database akan memaparkan mengenai pemesanan tiket kereta api online yang sederhana. Sistem informasi pelayanan tiket ini diharapkan mampu memberikan informasi kepada pelanggan mengenai jadwal pemberangkatan, tarif, asal dan tujuan serta kelas yang dipilih oleh pemesan. Dengan tampilan yang dibuat sederhana, diharapkan para pengguna semakin merasa lebih mudah mengoperasikan sistem ini. Dalam tugas ini penulis mengambil judul “Database Pemensanan Tiket Kereta Api Nyepur.com”.

Tutorial lengkap bisa menonton video di bawah ini.