Hosting Unlimited Indonesia

Fitur-fitur menarik yang ada di aplikasi akan menarik perhatian pengguna. Aplikasi membuat telepon menjadi “pintar” dan lewat keunggulannya, aplikasi bisa berkembang dengan sangat cepat sekarang ini.

Programmer kini sibuk untuk mendesan dan membangun aplikasi mereka sendiri dan mencoba untuk menambahkan banyak fitur yang dibutuhkan pengguna.

Jika kamu adalah salah satu dari developer yang ingin mencoba mengembangkan banyak aplikasi dengan sangat baik, maka kali ini Abdul Aziz Ahwan akan berbagi 5 hal dasar yang perlu kamu tahu sebelum melakukan programming untuk aplikasi Android.


 

1. Kenali Bahasanya

 

Java dan XML adalah dua bahasa utama programming yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi Android. Memiliki pengetahuan dan menguasai bahasa programming ini sangat dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi Android. Beberapa hal mendasar dari bahasa programming Java di antaranya:

Packages, Object & Classes, Concurrency, Collections, Inheritance & interfaces. Strings & numbers, generics

Memiliki pemahaman tentang Java dan XML akan bisa sangat membantu kita dalam mengembangkan aplikasi Android dengan sangat matang dan juga elegan.


 

2. Pahami Development Tools dan Environtment yang Tepat

 

Sangat penting untuk memahami tentang build automation tools dan juga Integrated Development Environtment sebelum kita memulai mengembangkan aplikasi. Kita bisa menggunakan aplikasi Android IDE atau Eclipse untuk tools. Keduanya akan membantu kita memahami hal dasar dan hal lainnya untuk mengembangkan kode. Kita juga bisa mempelajari Apache Maven, Apache Ant, dan Gradle karena mereka memiliki tools yang sangat berguna untuk mengatur banyak hal.

Juga penting untuk kita mengetahui tentang source control tools dan concepts. Pelajari git lalu buat sebuah git-source repository.

Hosting Unlimited Indonesia


 

3. Ketahui Komponen Aplikasi

 

Komponen aplikasi sangat penting untuk membangun banyak pengembangan aplikasi Android. Setiap komponen merupakan poin yang berbeda dengan setiap sistemnya bisa memasuki aplikasi yang dibut. Walaupun masing-masing ada sebagai entitas tersendiri dan memainkan peran spesifik, ada banyak ketergantuan antara satu dengan yang lainnya. Selain juga tidak seluruhnya merupakan entry points.

Ada lipa tipe komponen aplikasi berbeda yang memiliki tujuan tersendiri. Di antaranya: activities, services, content providers, broadcast receivers, dan activating components.


 

4. Sadar akan Fragmentations, Threads, Android Applications, Tasks, dan Loaders

 

Android merupakan pasar terbagi dengan beragam alat dan versi operating system yang berbeda. Jika gadget mendukung banyak peralatan dan versi lain, maka akan dibutuhkan lebih banyak pemeliharaan dan testing dan akan memakan lebih banyak biaya. Dan juga sebaliknya. 

Kita juga akan membutuhkan banyak font yang tepat, aset, dan layout yang bisa membantu kita memastikan agar bisa memberikan pengalaman terbaik untuk pengguna. Setiap aplikasi Android memiliki kelas aplikasi, satu atau lebih activities, dan satu atau lebih fragment.


 

5. Memilih Peralatan yang Tepat

 

Peralatan yang sederhana untuk mengembangkan aplikasi Android hanyalah laptop/komputer Mac atau Windows, Linux tipe apapun, Eclipse, ADT Plug in, dan Android SDK. Semuanya bisa didapatkan dengan gratis. Kita bisa mengikuti petunjuk instalasinya di Google untuk mempelajari bagaimana mengatur environment. 

Android memiliki beberapa parameter unik yang harus dipertimbangkan ketika menulis aplikasi Android. Beberapa di antaranya adalah:

Performance dan Responsiveness: Kita harus selalu merespon untuk user input di antara lima detik atau sistem operasi akan meng-ANR. (Application Not Responding – pilihan satu-satunya adalah untuk melakukan force close)

Lag lebih dari 100ms akan langsung terasa oleh pengguna: sepeti yang disebutkan sebelumnya, thread UI harus tidak diblok karena itu adalah satu-satunya.

Limited resources: Wake-locks (mekanisme yang memaksa device untuk melakukan sesuatu walaupun recomendasi untuk mengaktifkan mode tidur oleh battery manager) harus digunakan dengan baik. Jangan melakukan poll hardware dengan percuma karena itu akan menyebabkan baterai cepat habis.

Hosting Unlimited Indonesia